Powered by Blogger.

Seminar dan Lokakarya Menulis di Internet

by - Thursday, November 22, 2007

Selasa, 20 November 2007 lalu, saya mengikuti acara seminar dan lokakarya menulis di Internet yang diadakan Depkominfo bekerja sama dengan Blogger Indonesia dan Wikipedia Indonesia.
Semula saya tidak tahu kalo ternyata acara tersebut masih merupakan satu rangkaian acara ICT Awards 2007. ICT = Information Communication Technology yang diadakan oleh Depkominfo.
Acara seminar dan lokakarya tersebut dijadwalkan mulai pukul 09.00 pagi, tempat terbatas bagi orang-orang yang sudah mengirim emel sebelumnya. Saya sudah mengirim emel hari Jumat, namun saya baru melihat ada konfirmasi emel hari seninnya dan itupun hanya dari pihak wikipedia, dari bloggernya blm ada konfirmasi. Dari emel konfirmasi dari wikipedia, sebenernya saya dapat jatah untuk tanggal 21 November, hari rabunya. Tapi saya memutuskan untuk datang hari selasa. Malah punya niatan untuk datang dua hari itu, karena katanya pematerinya beda walaupun materinya sama. Karena disampaikan oleh orang yang berbeda pastinya akan jadi berbeda pula khan.
Sampai disana, jam 08.30 pagi, ternyata nama saya tidak ada untuk jadwal yang pagi. Yang pagi itu seharusnya blog, nama saya ada dijajaran list nama untuk sesi blog. Tapi tidak tahu kenafa yang dipakai justru nama-nama orang yang ada disesi wikipedia. Sempat terkatung-katung disana, akhirnya ada grand opening yang akan dibuka oleh Menkominfo. Jadi molorlah acara itu. Apakah Indonesia selalu begitu ya?tidak pernah bisa on time. Jadinya acara seminar dan lokakarnya baru dimulai sekitar pukul 09.45. Mba-mba penjaga pendaftaran yang semula strick terhadap aturan main, akhirnya luluh lantah, semua peserta bisa masuk mengikuti acara tersebut. 1 komputer ada yang digunakan oleh 2-3 orang. Sesi blog ini menurut saya kurang begitu menarik. Karena isinya sebagian besar menceritakan "how to" membuat suatu blog. Saya khan sudah bisa (he..he..sedikit sombong). Jadi saya lebih banyak membantu teman satu komputer yang ternyata sudah saya kenal sebelumnya, Mba Jini, ketua JIP(Joint Innitiative Program) yang saya kenal waktu saya ikut bantu-bantu acara workshop JIP tentang sampah di Depok. Juga bantuin tetangga sebelah komputer, seorang wanita yang tidak mau di panggil Ibu, (juga gak mau dipanggil bapak, he..he), dan maunya di panggil mba. Jadi saya lebih sibuk kenal-kenalan. Ditempat ini saya juga kenal sama seseorang bernama Lani. Seorang yang sangat ceria, bersemangat dan sangat suka sekali bercerita. Menyenangkan.
Sesi blog ini selesai jam 12.00 siang, sehabis itu peserta boleh istirahat sebentar untuk kemudian melanjutkan sesi berikutnya yaitu sesi wikipedia pada pukul 12.30
Di sesi wikipedia, saya lebih bersemangat karena banyak pengetahuan baru bagi saya. Selain itu pematerinya juga membawakan dengan begitu meyakinkan dan menyenangkan. Pematerinya bertiga. Saking bersemangatnya, tangan saya sampai bergetar, kepala saya pusing, saya terus bertanya-tanya, ada dengan saya?setelah saya ingat-ingat, oooo ternyata saya belum makan siang dan saya juga tidak sempat mengambil snack yang disediakan saking seriusnya mengikuti penjelasan dari wikipedia. Sampai yang seharusnya selesai pukul 15.00, jadi agak molor sedikit.
Yach i've got another new experience, knowledge and friends.
Rencananya hari rabunya saya bersemangat untuk bisa datang lagi, namun ternyata saya ada keperluan lain. Waaah...sayangnya..
Kapan lagi yach saya ikutan saya acara yang bisa nambah pengetahuan?
Tidak akan pernah akan malu untuk belajar coz the life itself is the process of learning.


You May Also Like

1 comments