Powered by Blogger.

PESTA BLOGGER 2008 in Memoriam

by - Friday, November 28, 2008

 

Beberapa waktu lalu dapat undangan dari seorang teman, fitta namanya, kawan satu organisasi FLP Bekasi. Undangan untuk menghadiri Pesta Blogger 2008. Sebenarnya dah baca sebelumnya dimilis tentang pesta blogger ini. Ternyata fitta dapat undangan gratis untuk 5 orang dan saya salah satunya yang diajak fitta untuk ikut acara itu GRATIS! Cihuuuy! (^_^)

Dah daftar online en juga konfirmasi ulang. Seru neeh ketemu ma orang-orang dunia maya. Acara Pesta Blogger 2008 diadakan di Auditorium BPPT lt. 3, Jl. MH. Thamrin no. 8 dari jam 09.00-17.30 WIB. Pas hari H, janjian ma fitta dkk. Ternyata “gank” kita yang jadi ikut me, fitta, mba nadiah, mba vira en mba rina. Semuanya cewek-cewek cantik en jilbaber. Tapi ada satu kesalahan fatal yang saya lakukan : saya gak bawa laptop en kamera! (hah?!). Klo laptop seeh emang saya belum punya , tapi klo kamera, waah ini neeh yang bikin nyesel abis. Gile, acara segede ini bisa-bisanya aye lupa bawa kamera, duuuh. Padahal dah inget dari malam sebelumnya klo saya harus bawa kamera besok pagi eeeh pas paginya malah kelupaan. Duh sumpah nyesel banget dech. Padahal Pesta blogger 2008 ini dihadiri oleh 1000 blogger dari seluruh Indonesia, ada tamu blogger asing juga dari luar negeri. Ada 5 orang blogger asing. Duuh, i wish i could turn back time . Yach tapi however I feel so lucky could attend this kind of meeting, FREE! Bersyukur aza dech. Partisipan biasa mesti bayar Rp. 50.000 lho!.

Saya sudah sampai di depan BPPT jam 9 kurang, masih menunggu rombongan fitta dkk. Jam 9.30 kurang rombongan akhirnya datang juga. Kamipun bersama-sama memasuki gedung BPPT. Sudah ramai manusia disana rupanya. Diantara kami berlima, Cuma mba nadiah yang bawa laptop en handycam

Dari pintu masuk, kami pun langsung daftar ulang di meja resepsionis. Baru datang kami pun di berikan goody bag beserta isinya. Isinya banyak euy. Ada tas laptop (sebagai pemancing, kali aza abis ini laptopnya bisa kebeli  ), kaos pesta blogger, mousepad, majalah, tabloid, pin, gantungan kunci, cd, snack chiki dll, banyak dech pokoke.

Tapi anehnya isinya beda2. Dari kita berlima aza, ada yang dapet kaosnya 2 ada yang Cuma 1. Ada yang dapet chiki, ada yang ngga. Ada yang dapet notes, ada yang ngga. Ada yang dapet majalah, ada yang ngga. Aneh ya?

Sampai di depan Auditorium BPPT, di lobbynya itu dah banyak stand-stand sponsor. Rame banget dech pokoke.

Acara yang semula dijadwalkan mulai jam 10, agak molor sedikit dan baru mulai sekitar jam 10.40 WIB. Pesta blogger ini di-host-i (ada gak ya kata ini?) oleh Panji dan Johanna. Acara dimulai dengan Sambutan dari chairman of Pesta Blogger 2008,  Mas Wicaksono alias ndoro kakung (http://ndorokakung.com/).

Kemudian sambutan dari Menbudpar yang diwakili oleh wakilnya. Lalu sambutan dari Menkominfo yang juga diwakili karena beliaunya berhalangan hadir. Terakhir sambutan oleh Menristek Bpk. Kusmayanto Kusman. Untuk yang terakhir ini Menristek berkesempatan untuk memberikan sambutan secara langsung.

Pesta Blogger 2008 ini merupakan pesta blogger kedua. Pesta blogger pertama diadakan setahun lalu, pada 2007. Tahun lalu pesta blogger dihadiri kurang lebih 500 blogger dan didukung oleh 1 kementrian saja yaitu Menristek. Untuk Pesta Blogger kedua tahun 2008 ini menjaring 2x lipat blogger karena dihadiri 1000 blogger dari seluruh Indonesia. Didukung oleh 3 kementrian, Menristek, Menkominfo dan Menbudpar. Dan tentu saja mendapat dukungan lebih banyak sponsor : USA Embassy, Telkom, Telkomsel, Telkom Speedy, My Pulau, Microsoft, Oxfam, Toyota, Kompas.com, Nokia, Canon, BCA dll. Didukung oleh media partners yang juga tak kalah banyaknya.

Kemudian acara dilanjutkan Diskusi mengenai blogging for society. Di moderatori oleh Enda Nasution. Enda Nasution merupakan bapak blogger Indonesia (http://enda.goblogmedia.com/). Para panelis terdiri dari pembicara dari Oxfam, Sofwan Manaf, blogging Pesantren Leaders dari Pesantren Darunnajah, Amril Gobel dari AnggingMammiri.org dan Yudhis Sudarsono dari Tunascendekia dan dari Telkom.

Setelah diskusi kemudian memperkenalkan komunitas-komunitas blogger di seluruh Indonesia yang sudah hadir dengan slide.

Ada :

*      acehblogger.com => Aceh

*      angingmammiri.org => Makassar

*      baliblogger.org => Bali

*      Bandungblog village => Bandung

*      Batamdigitalisland.com/batamblogger.com => Batam

*      Blogfam.com

*      Bloggaul.com

*      Borneoblogger.com => Kalimantan

*      Cahandong.org => Yogya

*      FLP Bekasi

*      Komunitas bunderan HI

*      Loenpia.net => Semarang

*      Tugupahlawan.com => Surabaya

 

Dari para komunitas itu, FLP Bekasi yang paling tidak cenderung ke blogger community. Duh jadi pengen buat Bekasi Blogger Community dech .

Kemudian ada pengumuman pemenang The Most Promising Blogger Community in 2008 yang dimenangkan oleh baliblogger, blogger dari Bali. Blogger Bali diwakili 1 orang dari Bali yang hadir di acara pesta blogger 2008 di Jakarta ini.

Lalu ada penghargaan “Blogging for Society Award 2008” yang dimenangkan oleh cahandong, komunitas blogger dari Yogya. Hadiahnya lumayan berlimpah untuk pemenang award. Ada uang 10 juta, social trip ke Kupang untuk 2 orang dan 1 pc komputer HP (Hewlet Packard). Keren!

Tapi jadi sedikit curiga tentang pemenang 2 penghargaan ini. Masalahnya sebelum acara Pesta Blogger di Jakarta, 5 blogger asing mengadakan trip ke Bali dan Yogya, disponsori oleh Depbudpar, selama di kedua tempat itu, blogger asing itu di jamu, disambut dan dilayani oleh komunitas blogger disana. Nah bisa diliat khan?mereka trip ke Bali dan Yogya, lalu pemenang award juga dari Bali dan Yogya. See??!! Jadi terkesan penjurian awardnya gak fair. Semoga untuk ke depan, penjurian pemberian awardnya bisa lebih adil.

Kemudian acara dilanjutkan dengan Sesi bersama foreign blogger. Blogger asing yang datang :

*      Mark Tafoya dari USA, merupakan chef & Executive Producer di culinary media network USA

*      Anthony Bianco dari Australia (www.nickbowditchtravel.com / www.geckogo.com )  

*      Jeff Ooi dari Malaysia, merupakan salah satu anggota dewan Malaysia

*      Mike Aquino dari Filipina (www.goseasia.about.com ), about.com is a part of The New York Times Company

*      Mr. Brown dari Singapura

 

Sayang disesi ini tidak disediakan waktu tanya jawab, berhubung diskusi berlangsung in English, mungkin refot kali yee klo peserta disuruh nanya in English dan mungkin karena waktunya emang dah mepet buat lunch .

Lalu istirahat dengan lunch dan shalat. Lunchnya pakai nasi kotak. Kebetulan masjidnya juga reachable. Pemilihan tempatnya okay juga seeh.

Mark yang seorang chef, saat ditanya gimana lunchnya?dan jika di rangking 1-10, dia mau kasih angka berapa?eh, dengan diplomatis Mark menjawab ”The Lunch was good”, he..he..iyalah daripada di keroyok ma panitia hayoo?!

Selama istirahat, kita juga bisa keliling-keliling di sekitar auditorium karena ada banyak stand-stand milik para sponsor dan media partners. Banyak dari mereka juga yang menyediakan banyak souvenir free ataupun ngisi kuisioner dulu baru dapet souvenir.

Acara kembali dimulai pada pukul 14.00 WIB. Acaranya ada breakout session, yaitu diskusi kecil yang dilaksanakan secara bersamaan waktunya (paralel).

Ada 7 tema dalam breakout session (based on susunan acara dari panitia) :

  1. Melindungi hak cipta seorang blogger difasilitasi oleh Ari Juliano dan Ahmad Zakaria
  2. Menjadi photoblogger handal difasilitasi oleh Imam Brotoseno, Jerry Aurum dan Angelie dari Canon
  3. Nge-Blog untuk yang baru mulai difasilitasi oleh Muhammad Zamroni (matriphe) dan Anandita Puspitasari (nonadita)
  4. Blog : Alat marketing dan penghasilan tambahan oleh Nukman Luthfie
  5. Kebebasan ngeblog di dunia maya : batasan dan etika oleh Budi Putra dan Pepih Nugraha / Edi Taslim from KCM
  6. Blog dan turisme, sebuah perpaduan masa depan oleh Nila Tanzil (www.nilatanzil.blogspot.com ), Trinity (www.naked-traveler.blogspot.com ), Anthony Bianco, Mark Tafoya dan Mike Aquino
  7. Melihat dunia sosial politik dari blogosphere oleh Martin Manurung dan Jeff Ooi
  8. Mari jadi blogger yang kreatif oleh Yoris Sebastian dan Raditya Dika

 

Dalam sesi breakout ini, FLPer bekasi dipisah-pisah biar semua bisa tukeran informasi. Kebetulan saya masuk ke breakout session tentang Blog dan Turisme. Awal-awalnya, setelah para fasilitator menyampaikan materinya yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, dalam sesi tanya jawab ini banyak peserta yang mengkomplain pemerintah dalam hal ini Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Mulai dari kurangnya ketersediaan materi buat turis seperti peta, informasi spot-spot wisata di Indonesia, event-event wisata dll, sampai sedikitnya informasi terupdate mengenai pariwisata Indonesia yang dikeluarkan oleh Depbudpar baik dalam bentuk hardcopy maupun website. Namun pihak Depbudpar menyanggah hal-hal tersebut dan mengemukakan alasan klasik pendanaan yang membuat minimnya support mereka,  juga mengenai adanya otonomi daerah dimana katanya ada hal-hal yang pemerintah pusat tidak dapat mencampuri urusan daerah dalam hal ini mengenai urusan pariwisata.

Namun akhirnya, Trinity mulai membelokkan diskusi bahwa kita tidak bisa begitu saja menyalahkan pemerintah dan kalau kita membahas masalah itu terus, maka permasalahan tidak akan menemui jalan keluar. Padahal di diskusi dalam breakout session ini adalah untuk mencari solusi mengenai blogger dan turisme. Akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa blogger dapat pula turut membantu pemerintah untuk mempromosikan pariwisata Indonesia dengan membuat jurnal, catatan perjalanan ataupun travel blog. Saran dari para blogger asing juga untuk blogger Indonesia agar dalam tulisan kita di blog, kita dapat memberikan informasi detil bagaimana mencapai suatu tempat, bagaimana transportasinya, negosiasi akomodasi, serta tips-tips melakukan perjalanan di suatu tempat. Tapi jangan buat para wisatawan asing menjadi takut dan khawatir untuk datang ke Indonesia.

Para fasilitator juga memberikan tips bagaimana membuat tulisan travel blog, yaitu tulislah berdasarkan sudut pandang kita sendiri, masukkan sense of panca indera (liat, dengar, cium, rasa) ke dalam tulisan sehingga pembaca dapat turut merasakan apa yang penulis rasakan dan buat sesuatu yang berbeda.

Pemerintah, dalam hal ini Depbudpar, juga mengadakan kompetisi blog wisata. Kriterianya : artikel dalam bahasa Indonesia, artikel dalam bahasa Inggris dan photoblog. Masing-masingnya, yang dipilih adalah yang dapat membuat wisatawan datang ke Indonesia. Lalu link-kan alamat blognya ke www.indonesia.travel

Setelah breakout session selesai, ada coffee break lalu dilanjutkan dengan pengumuman Bloggership yang disampaikan oleh Ibu Shinta dari Microsoft Indonesia. Bloggership adalah beasiswa bagi para blogger. Persyaratannya adalah usia 20-35 tahun, hadiahnya 15 juta rupiah serta jalan-jalan ke 3 propinsi untuk melakukan mobile blogging. Keterangan lebih lengkap bisa dilihat di www.microsoft.com/indonesia

Lalu acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang Pesta Blogger 2008’s Photo Contest. Pemenangnya adalah foto “Ke Museum Wayang, Yuk” karya Raiyani Muharramah.

Lalu acara dilanjutkan dengan pengumuman doorprize. Banyak doorprize yang diberikan mulai dari MP3, MP4, Ipod Nano, Hp, Camera Digital, PC sampai laptop. Kami semua menanti-nanti siapa pemenang doorprize, semua berharap untuk bisa mendapatkan doorprize. Tapi sayangnya, sepertinya yang diundi adalah peserta biasa, peserta undangan gak di undi kayaknya untuk bisa dapat doorprize .

Yach anyway, it just for fun.

Kemudian acara doorprize juga diselingi penampilan dari seorang pemain biola dan juga penyanyi indie (lupa namanya, but she’s so pretty and a good vionist also)

Akhirnya acara ditutup sekitar pukul 18.00, setengah jam lebih lama dari jadwal.

Well, one day with blogger have broaden my knowledge. Senangnya. C U next year in Pesta Blogger 2009! (^_^).

Situs resmi Pesta Blogger 2008 : www.pestablogger.com

 

 

wp@28112008

 

 

 

 

 

 

 

You May Also Like

2 comments

  1. ya secara gitu lho, 1000 orang! tapi akhirnya kita ketemu khan di dunia maya ini (^_*)

    ReplyDelete