Powered by Blogger.

BANDUNG (TANGKUBAN PERAHU&KAWAH PUTIH CIWIDEY)-CIREBON (KERATON KASEPUHAN&GOA SUNYARAGI) JOURNEY JANUARY 1ST – 4TH 2009

by - Thursday, May 07, 2009

Bandung, January 1st 2009

Setelah berhasil mencontreng (kayak pemilu) 1 lagi dream listku waktu ke Green Canyon Pangandaran akhir Desember 2008, semangat untuk mencontreng lagi dream listku yang lain masih membara (halaah). Melihat kalender, masih ada libur panjang lagi. Akhirnya saya memutuskan untuk pergi ke Bandung, tujuan utama seeh ke Kawah Putih Ciwidey. Setelah beberapa waktu lalu, saya sempat ke Ciwidey tapi tanpa ke kawah putihnya hanya di perkebunan strawberry dibawahnya, akhirnya dengan pertimbangan cepat saya pun memutuskan untuk ke Bandung dilanjutkan ke Cirebon. Tapi acara jjl kali ini saya hanya ditemani abang. Sebenernya seeh mau berangkat sendiri, tapi abang tidak mengijinkan, dia melihat ada tendensi negative saya ke Cirebon, he..he.. Akhirnya jadilah trip saya kali ini ke Bandung dan Cirebon hanya berdua dengan abang.

Setelah sebelumnya mengkontak seorang kawan yang masih berkeliaran di Bandung, akhirnya saya berangkat ke Bandung tepat pas tahun baru 2009, 1 Januari. Tadinya seeh sempet ada niat mo spend new year’s eve di Bandung, tapi dengan segala pertimbangan akhirnya gak jadi. Jadinya berangkat tanggal 1 Januari 2009. What a brand new year! Tahun baru dah jjl, kayaknya tahun 2009 ini, akan banyak dipenuhi jjl neeh (ngareeep).

Semula mo berangkat pagi, tapi karena menunggu abang yang so lambreta sampai bekasinya so jadi berangkat siang dech kita. Janjian ma Rina juga and her boyfriend. Tadinya janjian di terminal Bekasi, tapi coz nunggu abang akhirnya kita memutuskan jalan masing2 aza. Rina en her boyfriend mo ke Bandung juga tapi off course different route with me en abang. Saya baru berangkat dari rumah jam 10 pagi. Ketemuan ma abang di pintu tol. Setelah nunggu beberapa lama, kita baru naek bis ke Bandung jam 11 siang. Eh ternyata, di dalam bis itu dah ada rina en her boyfriendnya. Gak janjian malah ketemu akhirnya. Tapi like what I said before, we have different plan in Bandung. Ya udah misah dech kita.

Sampai di Bandung sekitar jam 1 siang, di Leuwi Panjang. Dari Leuwi Panjang masih harus ke Cicaheum dulu. Baru di Cicaheum kita dijemput ma Eka, kawanku itu. Dari sana kita ke kontrakan Eka. Ternyata kontrakannya lumayan jauh juga, dah daerah Bandung pinggiran gitu dech, di daerah Cibiru. Sampai di kontrakan Eka sekitar jam 2 siang. Chit-chat sebentar, trus kita berniat mo ke target kita. Bukan ke Ciwidey seeh, karena kata Eka,klo ke Ciwidey lumayan jauh, so hari itu kita akan ke Tangkuban Perahu. Sebenernya gak terlalu pengen kesana seeh, tapi berhubung belum pernah en si Eka juga menyarankan kita untuk kesana juga ya sudlah. Sore itu kita berangkat juga ke Tangkuban Perahu, ngecer bo’ alias menggunakan public transportation. Istrinya Eka yang sedang hamil 8 bulan juga ikut, tapi dia en Eka naek motor while me en abang naek angkot. Disinilah petualangan dimulai…

Kita sampai ke terminal Cicaheum lagi sekitar jam 3 sore. Dari Cicaheum naek angkot ke terminal Ledeng.

Cicaheum-Ledeng, 15.30-16.30. Gak sampe terminal Ledengnya seeh coz jalanan so macet. Kita diturunin di Univ. Pendidikan Indonesia. Dari sini ke terminal Ledeng kurang dari 1 KM. So jalan kakilah kita ke Ledeng. Dari Ledeng ke Tangkuban Perahu sebenernya ada angkot, tapi berhubung jalan so macet coz melewati Lembang yang kalo pas liburan duuuh so penuh dengan kendaraan dari Jakarta. Akhirnya dari Ledeng saya dan abang naek ojek. Dari Ledeng sekitar jam 16.30. Perjalanan ke Tangkuban Perahu memakan waktu kurang lebih 1 jam. So sekitar jam 17.30 kita sampai di Tangkuban Perahu. Menurut informasi dari Eka, Tangkuban Perahu itu buka sampai malem, itu makanya kita nekat tetap berangkat walopun dah sore. Tapi ternyata pas saya dan abang sampai pintu masuk Tangkuban Perahu, itu dah TUTUP! Jreeeng..duuuh. Masa perjuangan berhenti sampai sini seeh?!Akhirnya saya dan abang nongkrong2 dulu di pintu masuk sambil menunggu Eka, memang seeh suasana dah mulai gelap. Kita liat2 situasi. Dipintu masuk terpampang, bea masuk per orangnya Rp. 12.500, motor Rp. 4000. Setelah Eka datang, jadi kita dah kumpul semua dan masih nongkrong2 di pintu masuk, akhirnya salah seorang petugas mendatangi dan menanyai kita”mau kemana?”, kita bilang mau masuk. “Tapi dah tutup”, jawabnya. Kita Cuma liat2an aza. Trus dia Tanya lagi, “emang berapa orang yang mau masuk, koq motornya Cuma satu?(dia sambil melirik motornya Eka)”. Sebenernya seeh mau masuk semua, tapi yang paling utama seeh ya mereka berdua jawab Eka sambil menunjuk saya dan abang. Hm…saya terus merajuk”boleh yaa saya masuk?”…dan akhirnya, jawaban melegakan itu keluar. “ Ya udah, silahkan masuk, tapi jangan lama2 di atas, jam 7 harus dah keluar”. CIhuuuyyyy! Senang sekali hatiku. AKhirnya saya dan abang bisa masuk juga naek motornya Eka, GRATIS pula! Sementara Eka dan istrinya yang sedang hamil menunggu di pintu masuk. Duuh agak2 gak enak juga seeh, tapi ya mau gimana lagi.

Perjalanan dari pintu masuk ke kawah Tangkuban perahunya kurang lebih 4 KM dengan jalan menanjak dan menikung. Karena hampir malam, suhu dingin pun mulai menyergap, abang menyetir dan dengan pongahnya, dia Cuma pake celana pendek, saltum tuch. Dia pikir kita mo jalan di tempat normal, padahal kita jalan ke tempat dingin. Tadi pas dibawah khan jalan dah mulai gelap, tapi pas sampai di kawahnya, suasana masih terang! Mungkin karena terletak di dataran tinggi dah gitu di tempat terbuka. Wuiih Subhanallah, cantik sekali pemandangan di kawah Tangkuban Perahu ini.

Kawah Tangkuban Perahu

Kita sempet foto2 sebentar. Tapi sebel dech. Karena kita Cuma berdua, saya dan abang, so fotonya pun gantian. Pas saya moto abang seeh, hasilnya bagus2, tapi pas giliran abang moto saya, duuh fotonya goyang semua soale abangnya menggigil kedinginan. He can’t stand with cold weather. Dah gitu pake celana pendek pula, waah sukses dech si abang kedinginannya.

Hasil Jepretan Abang

Kita gak lama di atas mengingat waktu yang sudah semakin malam dan lagi kita meninggalkan Eka dan istrinya di bawah, di pintu masuk. Akhirnya setelah puas foto2, kita pun turun. Abang masih tetap kedinginan dan hawa dingin itu agak mengurangi konsentrasinya menyetir, kita beberapa kali hampir terpeleset jatuh, tapi Alhamdulillah gpp.

Sampai di pintu masuk lagi sekitar jam 18.30. Jadi kurang dari 1 jam saya dan abang diatas. Di bawah, sebelum pulang, kita makan jagung bakar dulu dan teh manis hangat. Lumayan menghangatkan di suasana dingin seperti ini. Kita makan2 sampai sekitar jam 8 malam. Dan harus balik lagi ke Bandung. Pulangnya ini lebih nyambung2 lagi. Dari Tangkuban Perahu kita ke Lembang dulu. Dari Lembang kemudian melanjutkan ke Ledeng. Di depan terminal Ledeng, kita sempat makan malam dulu karena sampai di Ledeng sudah jam 9.30 malam. Kasian istrinya Eka yang lagi hamil, kasian ma dedenya seeh. Akhirnya kita makan sate ayam dulu. Kita meluncur dari Ledeng ke Cicaheum dan melanjutkan dari Cicaheum ke kontrakan Eka. Saya dan abang naek angkot, Eka dan istrinya tetap mengikuti kita dengan motor. Sampai di kontrakan Eka sekitar jam 11.30 malam. Eka seeh pake acara mandi dulu, while me en abang gak pake mandi, dingiin bo’! Walaupun istrinya Eka menawarkan untuk memasakkan air hangat untuk kita mandi. Cuma yaa karena dah malem, Cuma cuci muka en sikat gigi aza abis itu langsung tepar, tanpa ganti baju pula. Belakangan kebiasaan gak ganti baju ini saya tahu ternyata tidak baik…

Bandung, January 2nd 2009

Paginya, sambil menunggu sarapan dan melanjutkan perjalanan hari itu ke tujuan utama, Ciwidey, kita sempat ngobrol2 dulu. Dan mau tau?istrinya Eka itu aslinya orang Kalimantan dan orang Kalimantan somehow banyak yang memiliki indra keenam termasuk istrinya Eka itu. Ternyata istrinya Eka bercerita kalau tadi malam itu dia sempet tidak bisa tidur karena ternyata saya membawa mahluk halus dari Tangkuban Perahu. Memang saat itu saya sedang tidak shalat alias sedang haid, jadi saya begitu rawan terganggu hal2 seperti itu. Menurut istrinya Eka itu, mahluk halus itu menempel pada baju saya, karena saya tadi malam langsung tidur tanpa ganti baju. Jreeeng..bulu kuduk saya langsung merinding. Ya ampun, what I have done?!. Istrinya Eka menjelaskan, memang sebaiknya, jika kita baru pulang dari bepergian, kita harus membersihkan diri, mandi dan juga ganti baju, agar hal2 atau mahluk2 gaib tidak menempel dan mengikuti kita. Tapi saya gak berasa sama sekali tadi malam, saya tidur dengan pulasnya tanpa terganggu. Maklumlah, saya memang tidak peka untuk masalah gaib2 seperti itu. Istrinya Eka bilang, tadi malam, dia gak bisa tidur karena hawa panas dari saya, dari mahluk gaib yang menempel pada baju saya. Tapi syukurnya hal itu gak berlangsung lama. Katanya seeh, sekitar jam 3 pagi, mahluk halus itu dah pulang kembali ke asalnya di Tangkuban Perahu dan istrinya Ekapun bisa tidur dengan tenang. Duuuuh maaaf yaaa…

Eka & his wife
Eka & his wife

Rencananya hari itu kita mau ke kawah putih Ciwidey. Karena Ciwidey lebih jauh, Eka gak mau bawa motor, maunya naek angkot aza while istrinya gak mau ikut klo naek angkot, dia maunya naek motor. Yaa keputusan akhirnya, istrinya Eka gak ikut kita, karena kasian juga dia lagi hamil besar, 8 bulan. Jadi saya, abang en Eka yang berangkat ala ngecer lagi. Kita berangkat dari kontrakan Eka jam 10 pagi, dah agak kesiangan seeh sebenarnya, tapi mau gmn lagi karena tadi nunggu sarapan dulu yang dibuat istrinya Eka. Dah gitu nunggu bis yang langsung ke Leuwi Panjang dari Cibiru lumayan lama, sekitar ½ jam kita menunggu. Dari Cibiru kita naek bis Damri langsung ke Leuwi Panjang. Sampai di Leuwi Panjang sekitar jam 12.00. Di sana, kita cari makan dulu trus sempet ke Carrefour dulu untuk membeli bekal makanan untuk diperjalanan. Dari Leuwi Panjang kita tunggu bis yang langsung ke pasar Ciwidey. Untuk menunggu bis ini, kita nunggunya di perempatan Kopo. Kalo naek bis beanya Rp. 5000, klo naek L300 beanya sekitar 6-7rb-an. Dah gitu klo naek L300 lama ngetemnya. Akhirnya kita naek bis. Tapi ternyata bis itupun sempat ngetem di Soreang, baru kemudian melanjutkan perjalanan sampai pasar Ciwidey. Waktu tempuh Leuwi Panjang-Pasar Ciwidey kurang lebih 2,5 jam sudah termasuk acara ngetem di Soreang tadi itu. Dari pasar Ciwidey untuk mencapai kawah putih, kita masih harus naek angkot lagi seharga Rp.6000/orang. Akhirnya sampai di pintu masuk kawah putih jam 16.30. Sampai sana, masih banyak antrian kendaraan yang mau masuk ke kawah putih. Sebenarnya, untuk masuk ke kawah putih itu juga bayar bea masuk Rp.11.000, tapi dengan kelihaian kita, kita bisa masuk tanpa harus membayar, he..he..Tapi dari pintu masuk untuk mencapai kawah putihnya, kita harus naek angkot khusus. Sebenarnya bea per orangnya Rp.8000 untuk isi 14 orang. Kalau kita sewa 1 mobil, beanya Rp.100.000. Waktu itu kita bertiga join ma 1 keluarga (7 orang) total 10 orang. Untuk bayar Rp.100.000 per mobil, so per orang kena Rp. 10.000.

Sampai di kawah putih keadaan begitu dingin, hujan dan berkabut. Tapi kali ini, abang gak salah kostum lagi. Dia dah pake celana panjang + pake jaketku. Kita berpisah dengan keluarga itu. Tapi karena kita sewa 1 mobil barengan so kita mesti pulang barengan lagi nti.

parkiran-kawah-putih
parkiran-kawah-putih

Kami bertiga:saya, abang en Eka sempet foto2 dan berkeliling kawah putih. Namun keadaan so berkabut jadi yaa fotonya penuh kabut dech kawah putihnya, tapi gpp, it’s quite beautiful koq. Tapi lebih akan terlihat so more cantik klo ada kabutnya seeh.

Smile Bertiga
Smile Bertiga

in-ciwidey
in-ciwidey
misterius
misterius

Setelah puas foto2, sebenarnya gak seberapa puas seeh, masih pengen foto2 lagi, tapi berhubung kameranya lowbat yaa apa mau dikata. Mungkin memang itu tanda peringatan bagi kita untuk segera turun. Dan ternyata memang benar. Setelah dari kawah menuju parkir mobil, sekeluarga itu dah nunggu kita dan katanya mereka dah nunggu cukup lama, sambil bersungut2 melihat kita akhirnya muncul juga (^_*). Di dalam mobil pun, mereka masih marah2 in sundanese. Untung saya en abang gak ngerti, jadi mereka mo berkicau kayak apa juga, kita tetap gak ngerti, he..hee..Tapi menurut Eka seeh gitu, tuch ibu-ibu marah2 coz nunggu kita kelamaan. Kita berada di kawah putih kurang lebih 1 jam. Turun ke bawah ½ jam. Kita sampai lagi di pintu masuk dah sekitar jam 18.30. Tapi walaupun tuch keluarga sempet marah2 ma kita, tapi di gerbang kawah putih, kita masih sempet foto2 bareng lho!

with-family
with-family

Setelah foto2 dan beranjak mo pulang, baru kepikir dech, masih ada gak yaa angkotnya, soalnya dah malam dah jam 18.30. Tapi dengan akal2 bulus kita, kita pura2 jalan kaki dari pintu masuk kawah putih itu kebawah, sapa tau pas keluarga itu lewat, kita di beri tumpangan sampai bawah, khan lumayan tuch. He..he..gak tau diri yaa kita?dah bikin orang lama nunggu, masih berharap dapet tumpangan lagi (^_^).

Tapi ternyata akal bulus kita itu berhasil. Pas kita lagi jalan, mobil keluarga itu lewat dan akhirnya menawarkan tumpangan, cihuuuy! Pas kita ditanya mau kemana, ya kita bilang mo kebawah soalnya dah gak ada angkot lagi. Tapi ternyata akal bulus kita tidak berjalan semulus yang kita rencanakan. Karena kita bilang dah gak ada angkot lagi, naah pas di jalan ketemu angkot, kita langsung diturunin dan disuruh naek angkot aza, he..he..Ya sudlah, acara tumpang-menumpang harus berakhir sampai disini. Akhirnya ya kita ber say good bye en say thank you dech. Dan dengan berat hati masuk ke dalam angkot. Kita naek angkot sampai pasar, gak tau pasar apa yang jelas bukan pasar Ciwidey. Dari situ kita numpang mobil bak terbuka sampai ketemu angkot lagi. Trip kali ini beneran trip ala backpacker dech. Trus kita naek angkot L300 ampe Soreang. Trus nyambung lagi naek angkot dari Soreang ampe Leuwi panjang. Huuh akhirnya menemukan peradaban juga. Sempet beli sale pisang keju di Leuwi Panjang. Karena dah malem, dah gak ada Damri lagi ke Cibiru, so kita naek angkotnya nyambung2 lagi. Dari Leuwi Panjang ke samsat, dari samsat ke Cibiru. Sampai di Cibiru dah jam 21.30. Akhirnya kita maem nasi goreng dulu. Sampai di kontrakan Eka sekitar 22.30. Setelah beres2 dan bersih2, kita tidur jam 23.30. Perjalanan ala backpacker yang melelahkan namun tetap menyenangkan. Zzz…zzz..zzz…

Bandung-Cirebon, January 3rd, 2009

Hari itu, saya bangun jam 6.30, beres2 sarapan en sempet chit-chat sama keluarga Eka dan juga tetangganya dan temannya. Selesai sarapan, saya dan abang, segera meneruskan ke tujuan berikutnya : Cirebon. Berangkat dari kontrakan Eka sekitar jam 09.00. Nunggu bis sekitar ½ jam. Lalu naek bis langsung ke Cirebon. Lama perjalanan sekitar 4 jam dan bea bisnya Rp.35.000/orang. Kita naek bis Bhineka. Kita sempat istirahat di pool bis Bhineka en sempet beli tahu Sumedang. Enak euy!Jalan dari Bandung menuju Cirebon lewat jalur ini, memang lewat Sumedang, lewat kampus Unpad di Sumedang pula.

Sampai terminal Cirebon jam 13.30. Disana dijemput Uly. Uly bawa motor. Yaa akhirnya dengan terpaksa kita naek motor bertiga.

di-motor
di-motor

Tujuan pertama kita Keraton Kasepuhan Cirebon. Karena naek motor bertiga, so sesekali waktu, salah satu dari kita mesti turun, jalan, ya ditempat2 yang rawan ada polisi gitu dech en yang pasti turun ya si abang, he..he..Perjalanan dari terminal ke keraton sebenernya deket, tapi Uly terpaksa cari jalan memutar untuk menghindaripolisi. Sampai di Keraton Kasepuhan jam 14.00. Di sekitaran Keraton, kita sempet maem Empal Gentong. Empal Gentong ini makanan khas Cirebon. Makanan khas Cirebon lainnya ada Tahu Gejrot en udang Cirebon. Karena Cirebon ini merupakan kota pantai, kotanya itu dekat dengan pantai. Harga empal gentong Rp. 10.000. Rasanya?hm..lumayanlah. Tapi menurut Uly, Empal Gentong yang kita makan di situ itu gak begitu enak. Ya well, gpplah. Setidaknya cukup merasakan yang namanya Empal Gentong. Uly yang bayarin, he..he..

di-plang Keraton Kasepuhan
di-plang Keraton Kasepuhan

Masuk kasepuhan sebenernya bayar Rp. 3000/orang, itu dah termasuk pemandu yang menggunakan pakaian khas keraton. Tapi mungkin masih kepikiran akal bulus ala backpacker, kita malah nyelonong masuk aza. Trus di dalem kita sempet juga foto2. Di dalam keraton sedang ada yang nyuci keris keramat. Nah sama wong dalem keraton kita sempet dicurigain. Lah wong kita keliatan beda banget, keliatan kayak turis pendatang gitu dech dah gitu kita berkeliaran di dalam keraton tanpa pemandu. Padahal sebenernya setiap orang luar yang masuk mesti didampingi sama pemandu. Makanya kita sempet ditanyain tiket masuknya sama abdi dalem keraton disana. Tapi dengan ngeles ala backpacker, si abang seeh ngomong ngalor ngidul tipu2 dikit gitu ma abdi dalemnya, he..he..dan akhirnya gak bisa lama2 kita berkeliaran di areal keraton, segera cabutlah kita dari sana. Tadinya mo balik lagi aza ke pintu masuk en bayar tiket masuk coz saya pengen banget tahu lebih dalem tentang keraton kasepuhan Cirebon ini. Tapi berhubung tadi kita dah tipu2 dikit abdi dalem keratonnya yaa daripada ketauan akhirnya kita memutuskan keluar aza dari lingkungan keraton itu.

kereta-kencana
kereta-kencana

kawasan-keraton
kawasan-keraton

Dari keraton kasepuhan keraton, Uly yang kali ini berperan sebagai guide kita, mengajak saya dan abang untuk mengunjungi Goa Sunyaragi. Letaknya juga masih berdekatan dengan keraton kasepuhan. Kita sampai di Goa Sunyaragi jam 15.30. Kita di Goa Sunyaragi kurang lebih selama 1 jam. Berkeliling en foto2. Konon, Goa Sunyaragi dibangun dari batu karang dari laut. Di lingkungan gua itu, ada yang namanya batu perawan sunti. Sebenernya ada mitos, kalo perawan gak boleh megang batu itu karena katanya nantinya perawan itu gak bakal kawin2 ampe tua, karena seperti itulah legenda perawan Sunti, yang tetap perawan sampai masa tuanya. Nah berhubung tidak ada yang kasih tau sebelumnya, Uly pun tidak tahu, saya dengan pedenya (karena ketidak tahuan saya) justru memegang en foto2 di batu itu. Saya baru dikasih tau sama penduduk lokal pas saya naik ke puncak Goa Sunyaragi. Disana saya bertemu 2 orang penduduk lokal. Di puncaknya itu pun seperti penjara kayu dan saat saya mau melangkahkan kaki saya untuk masuk, penduduk itu bilang “baca Bismillah dulu sebelum masuk”, dan saya pun mengikuti apa yang di anjurkan. Yaa dimanapun kita berada, aturan dan kebiasaan lokal harus tetap dipatuhi. Dimana kita berada,disitu langit dijunjung. Nah dari penduduk lokal itu pula saya tahu tentang cerita batu perawan sunti itu. Dan saya juga bilang ke mereka klo saya dah sempat memegang bahkan berfoto di batu itu. Gak tau seeh. Duuh, walaupun kaget, namun saya tetap percaya sama Allah. Insya Allah, Allah telah menyiapkan jodoh bagi setiap manusia. Amin..

batu-perawan-sunti
batu-perawan-sunti

Lelah berkeliling dan berfoto di Gua Sunyaragi, kita beranjak ke rumah Uly di Sindang laut. Sindang Laut itu merupakan Cirebon pinggiran. Perjalanan kesana kurang lebih 1 jam dari Kota Cirebon. Sebenernya seeh planningku, hari itu mau langsung pulang ke Bekasi, tapi Uly tidak mengijinkan. Dia menghendaki kita menginap di rumahnya dulu. Ya sudlah. Di perjalanan ke rumah Uly, sekali lagi, mesti bongkar pasang penumpang motor. Si abang diturunin dulu di jalan, Uly mengantar saya sampai suatu tempat, menurunkan saya dan Uly menjemput Abang lagi dulu dst. Hi..hi..ribet seeh, tapi mau gmn lagi..

Setelah dengan penuh perjuangan, akhirnya sampailah kita dirumah Uly. Ini sudah kali ketiga saya datang ke rumah Uly. Tidak banyak yang berubah. Klopun saya disuruh ke rumah Uly sendiri, saya masih bisa koq menemukan jalannya. Tapi pastinya Uly en abang tentunya gak akan mengijinkan saya jalan sendiri. Sampai dirumah Uly jam 17.30. Istirahat, mandi, transfer foto dari kameranya Uly ke Flashdiskku sampai jam 18.30. Abis itu Uly ngajakin kita balik lagi ke Cirebon kota, mau ke Cirebon Super Mall. Uly mau beli komputer en Uly juga ngomporin aku untuk beli Flashdisk 2G Kingston seharga Rp. 70.000. Ya sudlah, jjl malem ke Cirebon kota. Uly beli CPU second made in Korea seharga Rp. 965.000 untuk keponakannya. Mumpung ada si Abang. Kebetulan abang faham computer. So harga segitu dah okay en ACC dari Abang, dia yang nawar en ngecek barangnya. Selesai belanja itu sekitar jam 20.30. Dan kembalilah kita ke rumah Uly lagi. Dalam perjalanan ke rumah Uly itu, Uly beli maem sate untuk dinner kita. Sampai dirumah Uly lagi jam 21.30. Dinner, beres2 en nonton TV dech sambil ngobrol ampe jam 23.00. Pas malem itu, si abang nelpon Mr. J, karena kebetulan Mr. J memang tinggal di Cirebon. Tapi pas di telepon ternyata katanya, Mr. J sekeluarga lagi ke Bandung, belum lama berangkat. Duuh, dasar gak jodoh. Saya baru dari Bandung ke Cirebon while Mr. J, dari Cirebon ke Bandung. Akhirnya dah mulai berasa so sleepy jam segitu so bobolah kita, zzz…zzzz….

Cirebon, 4 Januari 2009

Berhubung di rumah keluarga besar Uly, whyu bangun pagi jam 5. Itupun dah ramai di rumahnya. Dah pada bangun semua. Abis mandi, kita disuguhi sarapan lontong + tempe. Selesai sarapan, kita berangkat ke rumah temenku disana. Sudah lama gak kesana, sejak tahun 2006. Dari rumah Uly jam 6.45. Sengaja pagi2 coz rencananya hari itu kita mo balik ke Bekasi. Setelah sempat muter2 kesasar coz dah lupa jalan kesananya, akhirnya ketemu juga rumah temenku itu. Deket dari rumah Uly, di Karang Sembung. Terakhir saya kesana, pas nikahan temenku itu, saya kesana sama my ex, Mr. J. En sempet kesana lagi ma Mr. J en Uly juga. Cuma si Uly juga agak2 lupa. Tapi dengan tekad dan semangat kuat untuk bertemu temanku itu (halaah), akhirnya ketemu juga rumahnya. Sampai di rumah temenku jam 7.30. Tapi ternyata, temenku itu dah gak tinggal disitu lagi, dah tinggal di Jakarta. Jadi disana saya hanya bertemu ibu, bapak en neneknya aza. Setelah ngobrol2 sebentar en sempet nelpon temenku juga disana, jam 08.00 kita pamit pulang. Saya berencana mengunjungi temanku di Jakarta nantinya. Temenku itu temen SDku dulu. Dah lama gak ketemu dia, kangen, dia dah punya 2 anak sekarang, while me not yet married (^_*).

Balik kerumah Uly sampai jam 08.30. Disuguhi sarapan lagi. Tapi sarapan kali ini, sarapan pake nasi. Trus ngobrol2 sambil minum jus strawberry dari Ciwidey. Kita bawain Uly strawberry Ciwidey en sama Uly dibuatin jus en disuguhi lagi ke kita, duuh. Akhirnya jam 10.30 kita pamitan pulang ma Uly en keluarganya. Kebetulan Uly juga mau ke Purwakarta. Tapi dia en temennya naek motor. So me en abang memutuskan naek bis. Sebenernya bisa juga seeh naek kereta, tapi karena itu abis libur panjang en kemungkinan besar, keretanya dah penuh, so kita pilih naek bis. Ada setiap jam bisnya en bisa duduk. Uly mengantar kita sampai terminal Harja Mukti Cirebon. Kita sampai di Cirebon jam 11.30. Setelah kita dapet bis dengan harga yang ok (harga bis Patas AC Cirebon-Jakarta Rp.40.000/orang), Uly pun pamitan jalan duluan. So tinggallah saya dengan abang bersama penumpang bis lainnya. Bisnya gak langsung berangkat, so si abang masih sempet foto2 lagi di terminal, plus beli makanan en minuman buat di perjalanan. Bis mulai meluncur dari terminal Cirebon jam 12.00. Dan benar saja, diperjalanan kita sempat terjebak macet karena hari itu hari terakhir libur panjang. Waktu tempuh Cirebon-Jakarta via bus yang normalnya 3-4 jam molor jadi 6,5 jam!Kita sampai di Bekasi jam 18.30. Turun di Legenda Bekasi en cari makan malem dulu. Dari situ naek angkot ke tol timur. Di tol timur, saya pisah dengan abang. Abang naek bis 28 ke Blok M dan saya naek angkot kerumah. Alhamdulillah saya sampai di rumah jam 8 malem. Total cost perjalanan saya kali ini ke Bandung-Cirebon = Rp.412.000. Sedikit lebih mahal dari perjalanan ke Green Canyon. Bagaimanapun, liburan akhir tahun 2008-awal tahun 2009 ini begitu menyenangkan. Saya harap tahun 2009, akan penuh dengan cerita perjalanan saya.

Cirebon
Cirebon

C U in my next trip.

This story can be read also in :

http://wahyu-otree.blog.friendster.com/2009/05/bandung-tangkuban-perahukawah-putih-ciwidey-cirebon-keraton-kasepuhangoa-sunyaragi-journey-january-1st-%E2%80%93-4th-2009/

Pictures can be seen in here :

http://wahyuotree.multiply.com/photos/album/22/Tangkuban_Perahu_1_Januari_2009

or

http://www.friendster.com/photos/8359415/1/884594601

and here :

http://wahyuotree.multiply.com/photos/album/23/Kawah_Putih_Ciwidey_2_Januari_2009

or

http://www.friendster.com/photos/8359415/1/468234297

and here :

http://wahyuotree.multiply.com/photos/album/24/Cirebon_3_Januari_2009

or

http://www.friendster.com/photos/8359415/1/481122047


wp@02052009

You May Also Like

1 comments