Powered by Blogger.

Tentang Sehat

by - Wednesday, January 23, 2008

Gunakanlah 5 perkara sebelum datang 5 perkara yang lainnya :
1. Gunakanlah hidupmu sebaik-baiknya sebelum datang matimu
2. Gunakanlah masa mudamu sebelum datang masa tuamu
3. Gunakanlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu
4. Gunakanlah waktu luangmu sebelum datang waktu sempitmu
5. Gunakanlah kekayaanmu sebelum datang kemiskinanmu

Tapi saat ini saya cuma mo bahas tentang masalah kesehatan.
Bagaimanapun lebih baik menjaga daripada mengobati. Track record kesehatan saya alhamdulillah sampai saat ini belum pernah punya penyakit yang parah banget. Sakit parah paling karena kecelakaan and pernah sakit campak pas kuliah, itupun gak sampai di rumah sakitkan, selebihnya masalahnya flu, batuk dan masalah pencernaan aza. Saya biasa mengkonsumsi madu. Khasiatnya bagus lho, karena bisa menambah daya tahan tubuh kita dari berbagai macam penyakit. Seingat saya, saya sudah lama sekali tidak terjangkit flu, padahal dulu itu saya paling mudah terkena flu, capek sedikit, ditambah makan yang berantakan bikin tubuh rentan dengan virus flu. Tapi semenjak rajin mengkonsumsi madu setiap habis makan, jadi berasa lebih sehat. Pernah sekali waktu karena saya berpergian ke luar kota dan tidak bisa minum madu, saya langsung flu, pastinya karena kelelahan sepanjang perjalanan dan juga makan yang tidak terjaga. Makanya rajin dan rutin konsumsi madu aza Insya Allah sehat. Lagian Allah juga dah memberitahukan masalah madu itu dalam Al Quran, bahwa madu itu adalah syifa, obat untuk berbagai macam penyakit.

Beberapa waktu lalu, tepatnya tgl 10 januari lalu saya dan abang coba terapi batu giok dan sinar infra merah, kebetulan gratisan di rumah salah seorang kawan di daerah wisma asri bekasi. Tempat terapinya itu kayak kubah yang cukup untuk 1 orang, ada 2 kubah disana dan batu gioknya itu ada dibawah tubuh kita. Temperatur awal untuk pemula di setting sekitar 48 derajat celcius. Berikutnya klo kita mo terapi lagi, temperaturnya bisa ditingkatkan. Batu gioknya bergerak dari leher kita sampai ke daerah paha atas dan batu giok satu lagi bergerak dari kaki bawah sampai sekitar betis. Penyakit yang ada pada diri kita bisa terdeteksi di tempat dimana batu giok itu lama berhenti. Klo pada saya, batu giok itu sering berhenti di daerah bokong. Kata therapisnya seeh, ada kemungkinan beberapa penyakit : masalah kewanitaan, ambeien/wasir, sulit BAB atau masalah rahim. Untuk masalah kewanitaan dan rahim perlu pemeriksaan lebih lanjut tuch. Klo wasir kayaknya saya gak ada masalah, kemungkinan terbesar ya sulit BAB, he..he..Trus batu giok itu berhenti lagi di bawah tonjolan tulang lengan belakang, itu katanya seeh karena darah rendah en kebetulan saya juga punya masalah darah rendah en karena darah rendah ini pula saya gak pernah bisa donor darah, tapi seingat saya tekanan darah saya dah normal dech, hm...???Klo abang seeh seringnya batu gioknya berhenti di daerah punggung, katanya seeh cuma kecapekan aza. Klo stroke bisa terdeteksi jika batu gioknya berhenti di leher bagian belakang tepat di bawah kepala. Seger seeh abis di terapi, tapi agak2 sakit juga karena klo batu giok itu melewati bokong kita, duh..duh..lumayan sakit dech.
Abis itu pas tgl 19 januari, saya coba cek kadar gula darah dan asam urat saya, hm..gratisan juga, he..he..Cuma untuk jaga2 seeh soale waktu itu pernah ada seorang kawan seumuran saya yang dah punya masalah asam urat tapi alhamdulillah dia dah berobat ke pengobatan alternatif dan sudah sembuh. Makanya karena khawatir ada apa2 ya saya periksakan saja.
Hasilnya, kadar gula darah saya 109, termasuk normal karena kadar gula darah yang perlu diwaspadai adalah yang lebih dari 200. Sedangkan kadar asam urat saya 4,9 masih normal juga karena yang perlu diwaspadai adalah kadar asam urat 7 keatas.
Kata dokternya seeh biasanya penyakit yang berhubungan dengan kadar gula darah dan asam urat biasanya terjadi pada orang berusia 40 tahun keatas dan dipengaruhi oleh pola makan dan pola hidup. Klo makannya gak diperhatikan kandungan gizinya, sering makanan berlemak perlu waspada tuch. Trus pola hidup seperti jarang olahraga juga berpengaruh. Klo saya termasuk tipe karnivora alias gak makan sayur, asupan vitamin dan mineral saya cuma dari buah-buahan aza. Trus klo olahraga yaa paling seminggu dua kali, sabtu-minggu. Kadang cuma jalan pagi or jogging or klo males ke luar rumah yaa olahraga kecil2an dirumah dan juga senam otak. Waah paling hobi dech klo dah senam otak, abis hasilnya cukup terasa seeh, jadi berasa lebih seger dan tambah cerdas aza he..he..
Pola makan dan pola hidup memang harus dibiasakan dan dikondisikan sedari muda karena nantinya akan jadi kebiasaan bahkan lama kelamaan bisa membentuk karakter kita.
Trus lagi, saya juga ke dokter gigi. Ini mah niat dah dari lama tapi gak jadi2 mulu, baru pas tgl 19 januari lalu aza sempetnya. Ke dokter gigi bersihin gigi aza en sekalian mo nambal gigiku yang dah lama bolong tapi anehnya gak sakit lho tuch gigi bolongnya, padahal dah lama dia itu bolongnya. Ke dokter gigi kali itu baru tahap 1, masih ada sekitar 2-3 kali lagi. Rencananya 1 minggu setelah itu saya harus kembali lagi ke dokter gigi. Gusi saya mo di kuret, di keluarkan darah kotornya dan juga dibersihkan dari bakteri. Saya juga mesti kontrol tambalan gigi pertama saya karena itu masih sementara belum permanen. Dan sebaiknya kontrol kebersihan dan kesehatan gigi itu dilakukan 6 bulan sekali.
Pengennya ngerawat tubuh dari ujung rambut ampe ujung kaki, selain untuk kesehatan juga untuk keindahan. Allah dah kasih tubuh yang sehat makanya harus dirawat dengan baik. Allah juga khan menyukai keindahan.
So keep live healthy yaa...


wp@22012008


You May Also Like

0 comments