Powered by Blogger.

Vitamin untuk Ibu Hamil

by - Sunday, October 17, 2021


2 strip hamil



Saya tahu saya hamil anak ke-2 sudah pada usia kehamilan 2 bulan, namun ini sudah lebih baik dibandingkan pada saat hamil anak pertama, yang saya baru tahu saat usia kehamilan sudah 3 bulan 😄.

Hamil lagi setelah kurang lebih 8 tahun tuh sesuatu banget. Belum lagi hamil di masa pandemi. Banyak nano-nanonya.

Untuk kehamilan, saya periksa di Puskesmas Kecamatan. Pertama kali datang untuk periksa, masih membawa anak pertama saya. Baru sampai pintu gerbang saja sudah dihentikan satpam, ditanya siapa yang sakit atau yang mau periksa. Kalau anaknya yang sakit, ibunya boleh masuk menemani, tp karena ini saya yang akan periksa, maka dilarang membawa anak kecil. Saya langsung diceramahi deh sama satpam itu, karena memang kebetulan saat itu, kasus covid-19 sedang meningkat & daerah itu masih masuk zona merah.

Ya jadilah hanya saya sendiri yang bisa masuk puskesmas. Bahkan pengantar juga dilarang masuk. Sebisa mungkin hanya pasien yang boleh masuk untuk menghindari kerumunan juga.

Karena saya baru tahu saya hamil di usia kandungan 2 bulan, nah baru itulah kena morning sickness.

Setelah periksa ke puskesmas itulah, saya diberi resep vitamin untuk ibu hamil. Ada lumayan banyak yang harus rutin diminum setiap hari, ada yang 3x sehari, ada yang 2x sehari. Begitu terus setiap hari sampai waktunya melahirkan. Sempat ada waktunya dimana saya muak & males banget minum vitamin-vitamin itu, sampai pernah bolos gak diminum itu semua vitamin. Bosan aza gitu harus minum itu setiap hari. Tapi akhirnya sadar & insyaf kalau itu demi kesehatan saya dan juga debay yang ada dalam kandungan.

Vitamin-vitamin untuk ibu hamil yang saya konsumsi termasuk manfaatnya adalah sebagai berikut:

1. Vitamin C

Vitamin C diperlukan untuk mendukung kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin dalam kandungan.

Manfaat vitamin C antara lain:

a. Membantu penyerapan zat besi
Ibu hamil membutuhkan lebih banyak asupan zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh

b. Menurunkan resiko diabetes gestasional
Diabetes gestasional adalah kondisi dimana kadar gula darah ibu hamil meningkat. Hal ini dapat meningkat resiko komplikasi kehamilan seperti persalinan prematur, bayi dengan berat badan berlebih serta preeklampsia. Untuk mengurangi resiko ini, ibu hamil disarankan untuk mencukupi asupan vitamin C setiap hari

c. Mengurangi resiko preeklampsia
Preeklampsia ditandai dengan meningkatnya tekanan darah dan kadar protein dalam urine serta pembengkakkan di kaki atau bagian tubuh lain. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengkonsumsi makanan kaya antioksidan, termasuk vitamin C dan E

d. Mendukung pertumbuhan bayi
Beberapa studi menunjukkan bahwa memperbanyak konsumsi sayur dan buah yang banyak mengandung vitamin C selama hamil dapat meningkatkan tumbuh kembang janin dan menjaga kondisinya agar tetap sehat


2. Vitamin B6

Pada ibu hamil, vitamin B6 bermanfaat untuk pembentukan organ tubuh dan tumbuh kembang janin, mencegah anemia saat hamil dan meningkatkan energi ibu hamil.
Selain itu berikut ini deretan manfaat vitamin B6 bagi ibu hamil:

a. Meredakan mual
Salah satu manfaat vitamin B6 adalah meredakan mual akibat morning sickness yang biasa dialami ibu hamil.

b. Menunjang pertumbuhan otak dan saraf janin
Dengan asupan vitamin B6 yang cukup, janin dapat tumbuh dan berkembang dengan normal, serta beresiko lebih rendah mengalami gangguan tumbuh kembang.

c. Mencegah janin lahir dengan berat badan rendah
Berat badan lahir rendah (BBLR) adalah kondisi bayi lahir dengan berat kurang dari 2500 gram. BBLR merupakan salah satu penyebab utama gangguan kesehatan dan kematian pada bayi baru lahir.

Kekurangan asupan nutrisi saat hamil, seperti protein, karbohidrat, atau vitamin, termasuk vitamin B6, merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk selalu memenuhi asupan vitamin B6.

d. Menjaga kadar gula darah
Konsumsi vitamin B6 diketahui dapat menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 sangat penting untuk membantu menjaga saraf tubuh dan sel-sel darah tetap sehat dan membantu membuat DNA, bahan genetik dalam semua sel tubuh.


4. Asam Folat

Asam folat sangat penting untuk dikonsumsi sebelum dan selama kehamilan karena dapat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. Selain itu manfaat asam folat bagi ibu hamil antara lain:

a.Mencegah cacat tabung saraf

Asam folat berperan penting untuk membantu tabung saraf bayi berkembang dengan baik. Hal itu akan menghindarkan bayi dari risiko cacat tabung saraf. Tak hanya tabung saraf, beberapa peneliti pun mengemukakan bahwa asam folat juga dapat mencegah terjadinya bibir sumbing dan penyakit jantung bawaan pada bayi.

b. Mencegah keguguran

Mencukupi asupan asam folat harian sebelum dan selama hamil juga diyakini mampu mencegah terjadinya keguguran. Selain keguguran, asam folat juga dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya beberapa gangguan kehamilan lain, seperti kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

c. Menurunkan resiko preeklampsia

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa ibu hamil yang mendapat cukup asupan asam folat sejak trimester kedua kehamilan memiliki risiko yang lebih kecil untuk mengalami preeklamsia

d. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah adalah salah satu masalah kesehatan yang masih banyak dialami oleh ibu hamil di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Anemia saat hamil dapat menimbulkan berbagai komplikasi kehamilan yang berpotensi mengancam nyawa ibu dan bayi. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mendapatkan asupan asam folat dan zat besi yang cukup.


5. Ferrous Sulfat atau Zat besi

Unsur Fe (Ferrous) / besi merupakan unsur paling penting untuk pembentukan sel darah merah. Jika manusia kekurangan zat besi pada menu makanan yang dikonsumsinya sehari-hari, dapat menyebabkan gangguan anemia gizi (kurang darah). Untuk ibu hamil disarankan untuk rutin mengkonsumsi tablet zat besi. Tablet zat besi (Fe) merupakan tablet mineral yang diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah atau hemoglobin. Tablet ini penting bagi ibu hamil karena memiliki fungsi sebagai berikut:
  • Menambah asupan nutrisi pada janin
  • Mencegah anemia defisiensi zat besi
  • Mencegah pendarahan saat masa persalinan
  • Menurunkan risiko kematian pada ibu karena pendarahan pada saat persalinan

6. Vitamin D

Vitamin D dapat diproduksi tubuh secara alami ketika kulit terpapar sinar matahari. Selain sinar matahari, vitamin D juga bisa diperoleh dari makanan yang kaya akan vitamin D, seperti ikan laut, telur, susu, keju dan hati sapi. Untuk beberapa kondisi, kebutuhan vitamin D juga dapat dipenuhi dengan cara mengonsumsi suplemen vitamin D atas rekomendasi dokter.
Manfaat vitamin D bagi ibu hamil antara lain:

a. Mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi
Vitamin D bermanfaat untuk mengatur jumlah kalsium dan fosfat di dalam tubuh. Kalsium dan fosfat merupakan mineral penting yang diperlukan oleh janin untuk membentuk jaringan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D saat hamil dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit rakitis pada janin.

b. Menurunkan resiko diabetes gestasional
Beberapa studi mengungkapkan bahwa asupan vitamin D yang tercukupi selama hamil dapat mengurangi risiko komplikasi yang dapat terjadi akibat diabetes gestasional.

c. Mengurangi resiko preeklampsia
Menurut beberapa penelitian, kondisi preeklamsia lebih berisiko terjadi pada ibu hamil yang mengalami kekurangan vitamin D. Oleh karena itu, Bumil disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin D agar dapat terhindar dari risiko preeklamsia.

d. Mencegah bayi terlahir dengan berat badan rendah
Asupan vitamin D yang tercukupi saat hamil juga dapat mengurangi risiko bayi terlahir dengan berat badan rendah. Bayi yang terlahir dengan berat badan rendah lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan, seperti hipotermia dan gangguan pernapasan


7. Kalsium
Manfaat kalsium untuk ibu hamil tidak kalah penting dengan manfaat vitamin dan mineral lainnya. Beberapa manfaat kalsium untuk ibu hamil:

a. Mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi janin
Dengan memenuhi asupan kalsium dengan baik, tidak hanya tulang dan gigi ibu saja yang semakin kuat, namun juga janin dalam kandungan. Meskipun gigi baru akan muncul pada anak ketika berusia 5 bulan, namun gigi sudah mulai terbentuk sejak janin masih berada dalam kandungan.

b. Mengoptimalkan perkembangan saraf dan otot janin
Tidak hanya mendukung kekuatan tulang dan gigi, kalsium yang dikonsumsi ibu hamil juga mendukung tumbuh kembang saraf dan otot janin.

c. Menjaga kesehatan jantung
Kalsium dibutuhkan oleh jantung agar dapat berkontraksi dan memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga kalsium sangat dibutuhkan tubuh untuk fungsi jantung yang lebih baik.

d. Mengurangi resiko hipertensi
Kondisi hipertensi atau darah tinggi biasa terjadi pada ibu hamil. Namun tetap harus mendapatkan penanganan yang baik agar tidak berkembang menjadi lebih parah hingga membahayakan kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan. Kalsium berperan dalam pelebaran pembuluh darah sehingga dapat membantu mengatur tekanan darah pada ibu hamil dengan lebih baik

e. Mengurangi resiko preeklampsia
Preeklampsia merupakan salah satu masalah kehamilan yang perlu diwaspadai. Untuk mencegah terjadinya preeklampsia, ibu hamil perlu mengkonsumsi kalsium yang telah terbukti dapat mencegah preeklampsia.

f. Membantu pembekuan darah
Kalsium dipergunakan tubuh untuk memungkinkan otot berkontraksi, membantu dalam transmisi impuls saraf serta menjaga stabilitas dan permeabilitas membran sel, sehingga penting dalam proses pembekuan darah.

g. Menjaga kesehatan ibu dan janin
Ibu hamil yang kekurangan kalsium selama hamil rentan akan terjadinya komplikasi. Selama kehamilan, hampir seluruh kalsium dalam tubuh ibu hamil diserap untuk proses tumbuh kembang janin. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi, maka ibu hamil rentan mengalami resiko komplikasi. Jika ibu hamil mengkonsumsi kalsium yang direkomendasikan setiap hari,maka dapat menjaga kesehatan kesehatan bunda dan janin.


Itulah vitamin-vitamin serta manfaatnya yang saya minum setiap hari selama kehamilan. Selain dari suplemen-suplemen tersebut, ibu hamil juga wajib mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan.


#WRITOBER
#WRITOBER2021
#RBMIPJakarta
#Hari7
#MINUM








Referensi:











You May Also Like

0 comments