Powered by Blogger.

Gangguan Kesehatan Mata

by - Thursday, October 14, 2021

2021 World Sight Day

Seiring tumbuhnya anak perempuan saya, yang pada September 2021 lalu menginjak usianya yang ke-9, saya mengajaknya melakukan pemeriksaan mata. 

Sudah dari tahun 2020 beraktivitas Belajar Dari Rumah (BDR) atau sebelumnya istilahnya adalah Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang mengharuskan anak sekolah termasuk anak saya terpapar gawai, baik itu telepon genggam maupun laptop. Awalnya penggunaan gawai itu hanya saat BDR saja, tapi lama-kelamaan karena seringnya stay at home, interaksi dengan gawai menjadi meningkat pula.

Hal inilah yang kemudian menumbuhkan gangguan penglihatan pada anak saya. Bisa dilihat ciri-cirinya adalah pada saat menonton televisi sudah dalam jarak dekat. Sudah saya minta untuk mundur, tetap saja balik lagi menonton lebih dekat. 

Sebenarnya di keluarga kami ada aturan 2 jam tanpa gawai setiap jam 18.00 sampai 20.00. Jadi semua anggota keluarga tidak ada yang boleh menyalakan gawai, baik itu televisi, telepon genggam maupun laptop. Biasanya waktu itu kita habiskan untuk beribadah, ngobrol, membaca atau bermain bersama. Tapi sepertinya ini masih dirasa kurang.

Akhirnya tepat saat ulang tahun anak saya yang ke-9 pada bulan September lalu, kami semua melaksanakan pemeriksaan mata lengkap. 

Pemeriksaan mata lengkap ini terdiri dari:
1️⃣ Pemeriksaan kelainan refraksi (minus, plus, silinder)
2️⃣ Pemeriksaan tekanan bola mata
3️⃣ Pemeriksaan retina dan kornea
4️⃣ Pemeriksaan tajam penglihatan
5️⃣ Pemeriksaan kesejajaran pandangan
6️⃣ Pemeriksaan penglihatan ganda
7️⃣ Tes buta warna
8️⃣ Pemeriksaan dini penyakit mata dengan mapping kornea
9️⃣ Konsultasi lengkap kesehatan mata dan konsultasi terapi minus dengan dokter spesialis mata

Pemeriksaan mata tersebut kami lakukan di VIO Optical Clinic Bekasi. Setelah 2 hari, kami mendapatkan resume medis lengkap dari hasil pemeriksaan tersebut.

Resume Medis Kayla

Untuk Kayla anak saya, ternyata sudah tumbuh kelainan mata silinder dan minus. Ukuran silindernya sudah 1 di mata kiri dan 0,75 di mata kanan, sedangkan minusnya 0,25 di mata kanan sedangkan mata kirinya masih normal. Astigmatisme atau silinder ukuran 1 untuk anak-anak termasuk sudah besar, sehingga Kayla diresepkan kacamata. 

Kacamata Kayla

Penggunaan kacamata bukanlah suatu kekurangan, namun merupakan suatu upaya untuk mengoreksi tajam penglihatan sehingga bisa beraktivitas dengan baik. Karena jika tidak segera dikoreksi, tajam penglihatan bisa semakin menurun serta dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Seperti misalnya pada anak sekolah. Jika mengalami gangguan penglihatan, namun belum terdeteksi, seorang anak yang duduk di bagian belakang kelas misalnya, mungkin tidak bisa melihat tulisan di papan tulis dengan baik yang bisa mengakibatkan turunnya prestasi di sekolahnya. Padahal jika dilakukan deteksi dini gangguan penglihatan pada anak tersebut dan segera dikoreksi dengan penggunaan kacamata sehingga dia bisa melihat dengan baik walaupun duduk di bagian belakang sehingga dapat membuat anak tersebut tidak mengalami penurunan prestasi di sekolahnya. 

Kita semua tahu bahwa mata itu sangat penting. Mata adalah jendela dunia. Silahkan bayangkan jika anda tidak dapat melihat. Sudah? Bagaimana perasaan anda jika seandainya anda tidak dapat melihat?

Jadi merawat mata adalah hal yang sangat penting untuk rutin dilakukan. Jika kita terbiasa merawat dan melakukan pemeriksaan rutin terhadap gigi misalnya, maka kita juga harus mulai untuk merawat dan melakukan pemeriksaan mata rutin setiap setidaknya 1 tahun sekali.

Beberapa cara untuk merawat kesehatan mata:
1️⃣ Lakukan pemeriksaan mata setidaknya setiap 1 tahun sekali
2️⃣ Gunakan kacamata anti UV jika beraktivitas di luar ruangan
3️⃣ Pastikan untuk memenuhi nutrisi untuk kesehatan mata
4️⃣ Gunakan pencahayaan yang cukup
5️⃣ Istirahatkan mata anda. Bisa dilakukan dengan metode 20:20:20. Setiap 20 menit aktivitas di depan gawai harus beristirahat selama 20 detik dengan melihat jauh sejauh 20 kaki (6 meter).
6️⃣ Jika menggunakan lensa kontak carilah yang berkualitas baik, rawatlah dengan baik serta gunakanlah sesuai jadwal yang disarankan
7️⃣ Gunakanlah filter monitor untuk mengurangi radiasi

World Sight Day (WSD) atau hari penglihatan sedunia diadakan setiap tahun pada hari kamis minggu kedua bulan Oktober yang pada tahun 2021 ini jatuh pada tanggal 14 Oktober.

Hari penglihatan sedunia bertujuan untuk membangun kesadaran dalam mencintai penglihatan sejak dini dan mengambil sikap mewujudkan pelayanan kesehatan mata yang berkualitas dan inklusif. 

Tema hari penglihatan sedunia tahun ini adalah #LoveYourEyes. #LoveYourEyes adalah tentang menyadari kesehatan mata Anda sendiri dan jika Anda mampu, lakukan tes penglihatan atau rekomendasikan orang lain untuk melakukan hal yang sama.

Selamat Hari Penglihatan Sedunia!


#WRITOBER
#WRITOBER2021
#RBMIPJakarta
#Hari5
#TUMBUH
#WSD2021
#HARIPENGLIHATANSEDUNIA2021
#LOVEYOUREYES

You May Also Like

0 comments