Powered by Blogger.

Pemilu Anak

by - Friday, October 08, 2021

Pemilu Anak
Photo by Element5 Digital on Unsplash


Waktu saya masih bekerja di sebuah NGO yang bergerak di bidang hak anak, kami selalu membuat perayaan Hari Anak Nasional yang di Indonesia dirayakan setiap tanggal 23 Juli.

Setiap tahun tema hari anaknya berbeda. Saya ingat pernah satu kali, tapi lupa tahun berapa, kita mengadakan perayaan hari anak dengan tema "Dengarkan Suara Anak". Kegiatannya kita mengadakan pemilu anak di seluruh cabang, ada sekitar 17 cabang di seluruh Indonesia.

Pemilu anak ini seru banget, benar-benar dibuat seperti pemilihan umum yang biasa kita buat. Ada bilik suaranya, ada kertas suaranya, juga ada TPS (Tempat Pemilihan Suara)nya. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti pemilu anak ini.

Hal ini kita buat untuk memperkenalkan anak-anak dalam melakukan pemilihan suara nantinya.

Kertas suaranya isinya apa sih? Isinya merupakan hal-hal yang dianggap penting bagi anak. Jadi anak-anak bisa memilih diantara hal-hal tersebut yang menurut mereka paling penting untuk anak-anak seperti mereka.

Hasilnya kita kumpulkan dari seluruh cabang, kemudian kita mengeluarkan press release terhadap hasil tersebut. Hal ini untuk meningkatkan awareness orang dewasa terhadap hal-hal yang dianggap penting oleh anak-anak.

Benar-benar pengalaman yang seru dan menarik, baik bagi anak-anak, maupun bagi saya dan juga teman-teman pekerja NGO itu.

Jadi, apakah bunda pernah mendengarkan suara anak?







#WRITOBER

#WRITOBER2021

#RBMIPJakarta

#Hari2

#SUARA








You May Also Like

0 comments