Powered by Blogger.

LUPA

by - Saturday, October 19, 2019

Seiring dengan bertambahnya usia, fungsi tubuh juga semakin berkurang, termasuk otak. Salah satu akibatnya adalah menjadi lupa. Waktu muda bisa saja seh lupa, tapi semakin menua, lupanya bisa jadi semakin sering dan parah.

Untuk bisa lebih mengoptimalkan fungsi otak adalah dengan selalu menggunakan otak. Misal dengan membaca, berfikir, menulis.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan melakukan senam otak / Brain Gym.

Brain Gym dikembangkan oleh Dr.Paul Dennison,Ph.D, seorang doktor pendidikan, pengembang pada Educational Kinesiology & pencetus terkemuka tentang pola-pola dominansi otak bersama dengan Gail Dennison, seorang pendidik Holistic Health serta Direktur Integrated Movement for Edu-Kinesthetics.

Beberapa menit melakukan Brain Gym dapat memberikan energi & kesegaran mental sepanjang hari. Brain Gym seperti menyalakan mesin tubuh, kita bisa merasakan otak kita berputar, sehingga semuanya menjadi begitu mudah.

Gerakan Brain Gym terdiri dari 3 bagian :

1) Gerakan Menyebrangi Garis Tengah.
Belahan otak kiri aktif jika kita menggunakan badan sisi kanan & sebaliknya. Membayangkan huruf "X" akan memberitahu otak kita untuk menggunakan ke-2 bagian otak pada saat yang sama. Gerakan menyebrang garis tengah membantu kita menggunakan kedua belahan otak secara bersamaan & harmonis.

2) Gerakan Meregangkan Otot.
Menunjang kesiapan kita untuk menerima hal baru & mengekspresikan apa yang sudah diketahui. Setiap saat kita merasa kurang konsentrasi atau kurang memahami sesuatu, kita dapat melakukan gerakan ini untuk selalu maju & mencapai tujuan. Setelah melakukan gerakan ini, otot kita akan menjadi relaks & kita bisa lebih semangat & aktif dalam kegiatan.

3) Gerakan Meningkatkan Energi.
Di pelajaran Biologi, kita belajar bahwa otak mempunyai milyaran sel kecil yang disebut neuron. Mereka dihubungkan dengan jalur-jalur saraf sel seperti telepon yang dihubungkan oleh kabel-kabel. Bila kita melakukan gerakan-gerakan energi ini, kita seperti menyambung hubungan saraf tersebut sehingga sistem komunikasi dalam badan akan bekerja lebih baik.

Seperti itulah kurang lebih mengenai Brain Gym.
Kalau saya, biasanya kalau sudah melakukan Brain Gym, otaknya juga menjadi lebih refresh, lebih mudah bergerak, lebih mudah mengingat serta tidak mudah lupa.




Kelebihan & nilai Brain Gym

Pic. taken from thebalancingact.sg
Yukkk…ya yuuukkk…kita lakukan Brain Gym!
#writober
#RBMIPJakarta
#ibuprofesionaljakarta
@ibu.profesional.jakarta
#hari9
#lupa





You May Also Like

0 comments