Powered by Blogger.

LPD (Lokakarya Puisi Dwibulanan) I, Februari 2008

by - Tuesday, February 26, 2008

Sabtu, 23 Februari 2008 lalu bertempat di Rumah Cahaya Depok diadakan LPD (Lokakarya Puisi Dwibulanan) FLP Wilayah Jabedeci (Jakarta, Bekasi, Depok dan Ciputat). 5 orang wakil dengan 3-5 puisinya dari ke-5 cabang saling bertemu untuk di bedah puisinya oleh Kang Irfan Hidayatullah (ketua umum FLP).

Ini merupakan LPD pertama yang diadakan di Jabedeci. Sedangkan untuk LCD (Lokakarya Cerpen Dwibulanan) sudah beberapa kali diadakan. Itu juga merupakan kali pertamaku ke Rumah Cahaya Depok sebagai salah seorang wakil dari FLP Bekasi as a new comer juga di FLP Bekasi. Gak nyangka juga seeh puisi-puisi saya bisa lolos dari seleksinya mba Wiwiek, ketua FLP Bekasi. Tapi disini saya juga menggantikan Enjang yang batal untuk bisa datang. 5 orang wakil FLP Bekasi : Ayong, Nadiah, Elvira Suryani, Fitta Astriyani dan saya sendiri, Wahyu Purwaningsih.

LPD semula di jadwalkan pukul 13.00 namun 2 hari sebelum hari-H ternyata dimajukan jadi jam 09.00 karena siangnya di rumah cahaya akan diadakan rapat silahturahmi nasional FLP. Harus sampai jam 09.00 di depok dari bekasi, secara saya belum pernah kesana, berangkatnya pun sendirian hanya berbekal instruksi rute dari mba Wiwiek. Sampai di sana sekitar 09.30, telat 30 menit tapi untungnya acara belum dimulai. Disana sudah ada beberapa orang yang berkumpul dan tidak ada yang kukenal, hanya tau ada Kang Irfan karena beberapa waktu lalu kang Irfan pernah hadir di FLP Bekasi untuk menyampaikan materi tentang Mood. Setelah memandang berkeliling akhirnya saya menemukan wajah-wajah yang tidak asing lagi yaitu Ayong dan Sutisna. Ternyata dari 5 orang dari FLP Bekasi yang bisa hadir saat itu hanya saya dan Ayong ditemani Sutisna.

Disana kita mendapatkan booklet kumpulan puisi FLP Jabedeci, jadi hasil-hasil puisi dari wakil-wakil dari tiap cabang di jadikan 1 booklet. Booklet itu dibagi ke setiap peserta. Sedangkan penyusunan puisi dalam booklet dibagi per cabang.

Kita sepakat bahwa kita hanya membahas puisi orang-orang yang hadir saat itu, sedangkan puisi orang-orang yang tidak hadir tidak dibahas, walaupun sebenarnya Kang Irfan sudah membuat kritikan dan analisa untuk seluruh puisi yang ada. Total ada 80 puisi. Semua puisi di rangking dari 1-80 oleh kang Irfan. Kang Ifran mulai membahas dan mengkritisi puisi-puisi dari teman-teman FLP Depok. Walaupun secara keseluruhan puisi-puisi dari FLP Depok paling bagus (terbukti dari rangking yang diperoleh mereka), namun itu pun sudah mendapat banyak kritikan dari kang Irfan. Puisi dari FLP Bekasi di bahas paling akhir, pertama Ayong kemudian saya menjadi orang terakhir yang puisinya dikritisi. Ternyata saya baru tahu aspek-aspek puisi itu sangat banyak. Kang Irfan memberikan banyak sekali masukan, kritik dan saran. Kang Irfan juga mengomentari bahwa puisi-puisi kali itu masih banyak yang terkesan terburu-buru dibuatnya, asal jadi, sedikit makna dan banyak yang masih menggambarkan sekedar suasana saja. Padahal dalam puisi banyak hal yang perlu diperhatikan. Kang Irfan membahas setiap kata, baris dan paragrafnya, pemilihan diksinya, pemilihan judul, kesesuaian dan keterkaitan isi dan judul, maknanya, iramanya, kosakatanya, sudut pandangnya, tokohnya, alurnya. logikanya sampai keseluruhan puisinya. Kang Irfan juga sering menanyakan alasan memilih satu kata tertentu dibanding kata yang lainnya yang bisa juga digunakan. Kang Irfan mengkritik puisi-puisi itu masih dangkal maknanya. Kebanyakan menggambarkan suasana namun sedikit yang menggali makna dan protes-protes terhadap sesuatu baik itu kejadian sosial maupun alam sekitar.

Puisi yang menduduki peringkat pertama adalah “Nyalakan Rokokmu, Di!” Karya Hadi wakil dari FLP Depok. Puisi-puisi dari FLP Bekasi bahkan tidak masuk dalam 10 besar. 10 besar di dominasi oleh FLP Depok dan Jakarta.

Urutan puisi-puisi FLP Bekasi dalam list rangking Jabedeci :

No.

Judul Puisi

Penyair

35.

Hening

Wahyu Purwaningsih

50.

Tahun Baru

Arry Amiliin (Ayong)

51.

Kemacetan Hati

Fitta Astriyani

54.

Nikah

Aryy Amiliin (Ayong)

55.

Detik

Wahyu Purwaningsih

57.

Aku Kembali

Aryy Amiliin (Ayong)

60.

Setapak

Wahyu Purwaningsih

61.

Pencuri Embun

Nadiah Abidin

63.

Lelaki dan Bola Kaca

Nadiah Abidin

66.

Cinta Palsu

Nadiah Abidin

67.

Angin

Elvira Suryani

69.

Mendung

Fitta Astriyani

71.

Kisah Langit

Elvira Suryani

76.

Biasa

Elvira Suryani

77.

Mereka Bilang

Wahyu Purwaningsih

Bisa dilihat puisi FLP Bekasi paling pertama muncul dalam urutan adalah no. 35 dan selebihnya hampir di urutan bawah. Waaah semangat neeh bikin puisi-puisi yang lebih bagus lagi! CHAYO!

Untuk para FLPers Bekasi, ayo semangat bikin puisi-puisi bagus dan berkualitas!
Demikian reportase saya dari acara LPD I, 23 Februari 2008, Rumah Cahaya Depok.
Sekian dan terima kasih.

 

 

wp@26022008

You May Also Like

5 comments

  1. Wahyu, makasih buat laporannya, well, lumayanlah hasilnya. Tetep semangat yak ^_^

    ReplyDelete
  2. wah, saya pikir puisi itu gaya bahasa bebas dari penulisan, ternyata banyak juga aspek2 yang harus diperhatikan......

    btw, no 35 dari 80? baguuuusss...... :)) *supportwahyu*

    ReplyDelete
  3. Lumayan mba?duuh..whyu aza ngerasa payah kemaren tuch, berasa puisinya paling jelek gitu dech. But anyway, thx 4 the support en juga dah ngelolosin puisi-puisi whyu utk ke LPD. CHAYO dah pokoknya! (^_^)

    ReplyDelete
  4. Iya mba, whyu juga baru tau klo nulis puisi tuch gak gampang tapi bukan berarti pula gak bisa kita lakukan khan?yang penting rajin bikin puisi, nti juga lama-lama terbiasa. Klo bisa pemilihan diksinya juga diperhatikan, buka-buka kamus besar bahasa indonesia dech buat memperkaya pilihan kata kita.
    Puisi-puisi sekarang gak melulu kayak puisi-puisi whyu yang kayak gitu mba, yang terdiri dari 4 larik dalam 1 bait. Penulis puisi sekarang dah menggunakan gaya bebas alias free style. Puisi Yang rangking 1 itu mba, puisinya itu kayak karangan, dia pake kalimat-kalimat panjang. Insya Allah kapan2 whyu post puisi itu dech, yang dari Depok. Soale sekarang booklet puisinya lagi dipinjem temen FLP Bekasi juga.
    35 dari 80 bagus ya mba?he..he..buat new comer and amatiran, not bad lah (^_*)
    Thanks ya mba

    ReplyDelete