Powered by Blogger.

Workshop Temu Penulis dan Penerbit

by - Wednesday, February 13, 2008

Workshop Temu Penulis dan Penerbit ini diadakan tgl 9 Februari 2008 lalu di Quantum Hati Center di daerah Cipinang Jaya. Acara ini pesertanya dipenuhi oleh beragam penulis dan penerbit.
Mengetahui informasi ini dari milis FLP Bekasi dan langsung tertarik untuk bisa menghadirinya. Dengan berkontak-kontak dengan FLPers Bekasi yang juga punya niatan sama untuk mengikuti acara tersebut akhirnya sampai juga di Quantum Hati Center. Tapi dari FLP Bekasi jadinya cuma ber-2, saya dan Hayyu, Fitta gak jadi ikut, begitupun Varendy.
Acaranya di jadwal adalah dari jam 12.00 - 17.00. Sekitar Jam 11.30 saya dah berada di seputaran Cipinang Jaya. Alih-alih saya sendirian, saya menunggu Hayyu. Masuk waktu Dzuhur, Hayyu akhirnya tiba juga dan shalat Dzuhur dululah kita begitu juga dengan peserta yang lainnya. Acara baru dimulai sekitar pukul 13.00. Dimulai dengan perkenalan seluruh peserta dan pemateri. Materinya :
1. Mengirim Naskah & Menjaring Penulis
Oleh Arif Fahruddin, Sag, MA.
(Praktisi dan Konsultan Dunia Perbukuan)
Beliau menyampaikan Rendezvouz Penulis dan Jejaring Kapital.  Terdiri dari The Power of Writer, Keuntungan menjadi penulis, kebutuhan penerbit serta bentuk-bentuk kerjasama antara penulis dan penerbit. Pemaparan yang cukup menarik dimana Pak Arif ini juga merupakan staff riset di penerbit Pena sehingga beliau banyak menampilkan hasil-hasil survey dan riset yang telah dilakukannya
2. Melezatkan Gizi Buku Lewat Penyuntingan
M. Nur Kholis Ridwan
(Penerbit Pustaka Al-Kautsar)
Beliau menyampaikan materi dengan tema Bahasa Jurnalistik dan Editing. Pak Nur Kholis yang juga mantan redpel di Majalah Sabili ini memaparkan materinya dengan cukup menarik dengan diselingi humor ringan. Materi fokus mengenai bagaimana menulis naskah dengan baik, penyuntingan naskah&suka duka editor.
3. Menulis dengan Kekuatan Hati
Oleh Zaini Ali Akbar
(Penulis Buku Best Seller; T3 Jalan Tercepat Menuju Kedekatan dengan Allah)
Pak Zaini ini sebenarnya tidak punya basic penulis, backgroundnya adalah di bidang trading oil and gas. Namun beliau mampu menghasilkan buku yang bestseller. 3T merupakan Tasbih, Taubat dan Tahajud. Ada pelatihannya juga, mirip seperti ESQ. Beliau menjelaskan tentang bagaimana menulis dengan hati. Dimana beliau menjelaskan bahwa dirinya yang tidak punya basic sebagai penulis mampu menghasilkan sebuah tulisan yang menyentuh hati para pembacanya karena beliau menulis dengan hatinya.

Selesai pemaparan materi dari ketiga pemateri dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Selesai acara juga dilanjutkan dengan ramah tamah antara penulis dan penerbit. Dua pihak itu merupakan pihak yang simbiosis mutualisme, saling membutuhkan satu dengan yang lainnya. Acara ini merupakan acara yang berkelanjutan. Sebelumnya telah diadakan workshop2 lain sehubungan dengan penulis dan penerbit, begitupun pasca acaranya ini akan ada tindak lanjutnya untuk tetap menjalin hubungan baik antara penulis dan penerbit

Related link : http://penerbitanbuku.wordpress.com/

wp@13022008





You May Also Like

2 comments

  1. Terima kasih Mbak Wahyu telah memberikan reportasi atas acara tersebut, boleh khan saya copy untuk ditampilkan di situs penerbitanbuku.wordpress.com ?
    Oh ya, kemarin nama-nama peserta belum saya up date, sebab 'kesingsal' dan baru ketemu hari ini.
    Salam kenal dan sukses selalu!

    ReplyDelete
  2. Oh iya pak gpp koq di copy, dengan senang hati. Tapi reportasenya kelupaan 1 hal ya?saya lupa menulis siapa moderatornya(^_^). Moderatornya Pak Yasir Maqosid ini:-). Waah bapak bisa menemukan saya juga di belantara MP ini?(^_^). Iya, waktu itu saya coba cek ke penerbitanbuku.wordpress tapi belum di update, tapi sekarang sudah di update khan pak?
    Salam kenal dan sukses juga buat bapak!
    Terima kasih sudah berkunjung dan kasih comment ya. Jangan segan-segan untuk mampir lagi (^_^)

    ReplyDelete