Powered by Blogger.

Milestone

by - Tuesday, October 27, 2020

Target
(Photo by Mauro Gigli on Unsplash)

Mengingat kembali saat pertama kali masuk Ibu Profesional di kelas Matrikulasi Batch 5 di awal tahun 2018.

Di Nice Home Work (NHW) 8 yang membahas mengenai misi hidup dan produktivitas.

Saat itu saya menuliskan mengenai strategic plan dalam 5 tahun ke depan yaitu bisa mendirikan 1 start-up bisnis sosial. Saya juga menuliskan milestone, titik pencapaian dan perubahan yang diharapkan.

Milestone 0 KM, titik awalnya ada di tahun 2018 saat saya berusia 36 tahun.

Di tahun pertama, saya akan mempelajari, mempraktekkan dan menjadikan kebiasaan untuk ilmu marketing langit.
Di tahun kedua, saya akan mempelajari, mempraktekkan dan menjadikan kebiasaan untuk ilmu marketing bumi.
Di tahun ketiga, saya akan mempelajari, mempraktekkan dan menguasai ilmu fikih muamalat.
Di tahun keempat, saya akan mempelajari, mempraktekkan dan menguasai ilmu Social Business dan Community Empowerment.
Di tahun kelima, saya akan mempelajari, mempraktekkan menguasai dan mendirikan start-up social business.

Melakukan refleksi kembali akan milestone capaian 5 tahun yang sudah saya buat.

Marketing langit terus dilakukan, seperti terus melakukan ibadah shalat, puasa, membaca Al-Qur'an dan juga sedekah. Tapi baru dimulai tahun 2020 ini saya mencoba merutinkan membayar zakat, infaq untuk guru Rumah Qur'an Literasi dan juga sedekah subuh. Juga bergabung dan mempelajari Pola Pertolongan Allah. Harus lebih digenjot lagi Marketing Langitnya.

Marketing buminya dilakukan dengan pernah bergabung di komunitas Ibu-Ibu Doyan Bisnis, Bee Nasiha yaitu reseller dari Aryoko Indonesia Publisher. Mempelajari ilmu fotografi melalui hp, mempelajari ketrampilan detektif seperti Art of Communication like a spy, Art of listening and questioning, Art of profiling, Emotional Inteligence and Flexible Thinking, mempelajari komunikasi dan juga mempelajari desain PPT. Bukan hanya belajar, tapi harus dipraktekkan agar melekat ilmunya.

Untuk ilmu fikih muamalat, saya sudah membeli dan membaca mengenai Harta Haram Muamalat Kontemporer karya Dr. Erwandi Tarmizi. Saya mendapat banyak pencerahan dari situ.

Selanjutnya akan belajar mengenai ilmu sosial bisnis dan pemberdayaan masyarakat. Pernah belajar sedikit saat saya masih bekerja di NGO yang bergerak dibidang Child Rights dan Community Development. Selanjutnya, akan mencoba mempelajari secara lebih mendalam.

Titik puncaknya, Insya Allah di tahun 2023 saya bisa mendirikan sebuah start-up social business. Aamiin. Mohon do'anya juga ya.

Melihat kembali NHW yang pernah saya kerjakan terutama mengenai misi hidup dan produktivitas ini, membuat saya merenung. Tanpa disadari, apa yang saya telah lakukan memang mengarah ke target strategisnya. Saya baru saja bergabung dengan komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) dan sudah mendaftar juga di pelatihannya. Informasi yang saya dapatkan dari mentor blogging saya. Seperti di bawah sadar, mengarah ke sana. 

Memang benar ya, kalau kita menginginkan sesuatu, kita harus set target terlebih dahulu. Sehingga semua yang kita lakukan akan mengarah ke tujuan tersebut.

Kita juga harus selalu melakukan review atas capaian milestone dan titik-titik capaian kita setiap tahunnya, agar bisa dilakukan penyesuaian ataupun perubahan jika diperlukan, baik perubahan strategi maupun perubahan target.

Menuliskan kembali milestone hidup saya, menjadikan bahan untuk refleksi di masa yang akan datang akan target hidup yang sudah dibuat.

Apakah kamu juga punya misi hidup?apa misi hidupmu?

#writober
#writober2020
#hari9
#titik
#RBMIPJakarta
#IbuProfesionalJakarta

You May Also Like

0 comments